Selamat Datang

STOP KORUPSI, STOP MARKUS, STOP SUAP, STOP KONGKALINGKONG. START TO CLEAN YOUR LIF

BERANTAS KORUPSI

BERANTAS KORUPSI
STOP KORUPSI, STOP MARKUS, STOP SUAP, STOP KONGKALINGKONG. START TO CLEAN YOUR LIF

Selasa, 21 September 2010

Aswadin-Livingstone Menang; Pilkada Kab. Sigi

SIGI, MERCUSUAR - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Aswadin Randalembah-Livingstone Sango (AsLi) masih unggul dalam perolehan suara sementara Pemilukada Kabupaten Sigi. Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai sumber, AsLi dipastikan menang dalam Pemilukada Sigi 2010.

Meskipun belum ada data resmi dari pihak penyelenggara Pemilukada Sigi, namun hingga Jumat malam (17/9), hampir dipastikan pasangan calon AsLi menang di tujuh kecamatan dengan total perolehan suara mencapai 28 ribu lebih. Tujuh kecamatan yang mengantarkan kemenangan AsLi, yakni Kecamatan Palolo, Tanambulava, Gumbasa, Lindu, Kulawi Selatan, Pipikoro, dan Marawola.
Selain unggul di tujuh kecamatan tersebut, kemenangan pasangan nomor urut lima ini juga ditentukan oleh perolehan suara yang signifikan di delapan kecamatan lainnya, yakni menempati posisi kedua dan ketiga.
Data real count AsLi Center hingga pukul 22.00 Wita, mencatat sudah 90.965 suara sah yang masuk, atau sekitar 61,58 persen dari jumlah pemilih berdasarkan DPT yang mencapai 147.714 pemilih. Dari total suara sah yang sudah dihitung, AsLi Center mencatat pasangan Aswadin-Living Stone mampu meraih suara sebanyak 28.300 (31,11 persen). Disusul pasangan calon Rizali Djaelangkara-Ajub Darawia yang meraih 23.452 suara (25,78 persen).
Posisi ketiga ditempati pasangan Ridwan Yalidjama-Edison Kindangen yang meraup 21.294 suara (23,41 persen). Sementara pasangan calon yang diusung Partai Golkar, Anwar Ponulele-Fredy Lody Djaru tidak beranjak dari posisi keempat perolehan suara sementara. Anwar-Lody meraih 10.652 suara (11,71 persen), disusul pasangan Helmy Zaenong-Anwar dengan perolehan sementara sebanyak 5.391 suara (5,93 persen). Posisi juru kunci masih ditempati pasangan Sulmin Tenggo-Elisa Subainda yang meraih 1.876 suara (2,06 persen).
Sementara berdasarkan data Panwaslukada Kabupaten Sigi, jumlah suara yang sudah masuk mencapai 86.476 suara atau sekitar 59 persen dari jumlah DPT Pemilukada Sigi.
Dari total suara tersebut, pasangan AsLi berada pada posisi puncak dengan perolehan 27.181 suara (31,43 persen). Disusul Rizali-Ajub dengan perolehan 21.920 suara (25,35 persen). Posisi ketiga ditempati Ridwan-Edison yang meraih 20.778 suara (24,03 persen). Sementara, dalam perolehan suara sementara tersebut, pasangan Anwar-Lody hanya meraup 9.920 suara (11,47 persen). Disusul pasangan calon dari jalur perseorangan, Helmy-Anwar yang meraih 4,602 suara (5,32 persen). Sedangkan Sulmin-Elisa hanya maraih 2.075 suara (2,40 persen).
Ketua Panwaslukada Kabupaten Sigi, Rais Ali Damang yang dikonfirmasi, menyatakan hingga Jumat malam pukul 20.45 Wita, tinggal tiga kecamatan lagi yang belum masuk hasil perhitungan suara sementara, yakni Pipikoro, Lindu, dan Gumbasa.
"Data dari masing-masing TPS di Kecamatan Gumbasa sudah kami terima, hanya saja belum tuntas proses rekapitulasinya," kata Rais Ali Damang saat dihubungi via telepon.
Ia menambahkan, dari total data perhitungan suara sementara yang dimiliki Panwaslukada Sigi, masih ada beberapa TPS yang belum masuk datanya. Beberapa TPS tersebut lokasinya berada jauh dari ibukota kecamatan. Misalnya beberapa TPS yang berada di Manggalapi, Kecamatan Palolo.
Selain data yang dimiliki AsLi Center maupun Panwaslukada Sigi, kemenangan pasangan AsLi juga terlihat dalam data perolehan suara sementara yang dimiliki DPD Partai Golkar Sigi. Namun data yang dimiliki Partai Golkar belum termasuk perolehan suara sementara Kecamatan Sigi Biromaru dan Lindu.
Berdasarkan data yang dihimpun Mercusuar di sekretariat Partai Golkar Sigi, pasangan Aswadin-Livingstone berada di posisi puncak dengan perolehan 25.077 suara, disusul Rizali-Ajub yang meraup 19.261 suara. Di posisi ketiga masih ditempati Ridwan-Edison yang meraih 16.519 suara. Sementara pasangan Anwar-Lody yang diusung Partai Golkar berada di posisi keempat dengan perolehan sementara 9.665 suara. Adapun pasangan Helmy-Anwar hanya meraih 5.310 suara, disusul Sulmin-Elisa dengan perolehan 1.898 suara.
Sementara itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di beberapa kecamatan di Kabupaten Sigi sejak Jumat (17/9) mulai melakukan rekapitulasi perhitungan suara manual. KPU Donggala sebagai penyelenggara Pemilukada Sigi memberi batas waktu perhitungan di tingkat PPK sampai Minggu (19/9). Perhitungan di KPU baru dilaksanakan pada Selasa (21/9). OTR

Tidak ada komentar: